Kamis, 26 April 2012

Alasan Wanita Takut Jatuh Cinta

Banyak alasan yang membuat sejumlah orang memilih hidup melajang. Ada yang merasa belum menemukan sosok pendamping hidup yang tepat. Ada yang masih terobsesi mengejar karier. Ada juga yang hanya berucap belum siap.

Semua alasan itu sifatnya tertunda. Mereka masih membuat peluang untuk jatuh cinta dan menjalin hubungan serius di kemudian hari. Namun, ada sejumlah alasan yang memang membatasi orang-orang untuk tidak jatuh cinta selamanya. Berikut di antaranya:

Fobia
Ini munkin berkaitan dengan trauma masa lalu. Tanpa sadar, selalu muncul penolakan dari dalam diri saat ada seseorang yang mencoba mendekat. Pikiran cenderung fokus terhadap hal-hal negatif dalam hubungan. Sama sekali tak memberi ruang diri untuk mencoba terlibat dalam sebuah hubungan mesra.

Takut patah hati
Ini biasanya yang mendorong wanita enggan berkomitmen. Ia sengaja membatasi diri tak terlibat hubungan serius karena terbayang hubungan buruk di kemudian hari. Ini sebenarnya sama dengan takut jatuh cinta. Ia memahami konsep jatuh cinta satu paket dengan patah hati.

Tak mau kehilangan masa pendekatan
Ia biasanya tak bisa jauh dari perhatian lawan jenis. Namun, cenderung langsung mundur dan beralih ke yang lain saat diajak berkomitmen. Ia sangat menikmati masa-masa pendekatan yang bertabur perhatian, pujian, dan cenderung masih bisa seenaknya tanpa tanggung jawab berlebih terhadap pasangan. Baginya, sebuah komitmen hanya akan mereduksi kebahagiaan dan membuat diri terkekang.

Terjebak lingkungan broken home
Trauma tak melulu muncul akibat pengalaman hubungan pribadi. Tumbuh di lingkungan yang buruk juga bisa memengaruhi pola pikir. Misalnya melihat orangtuanya bercerai, saudaranya mengalami kekerasan dalam rumah tangga, atau terlalu sering mendengar keluhan sahabat yang tak bahagia dalam kehidupan rumah tangga.

"Mereka yang telah melihat hubungan buruk dalam kehidupan masa lalunya, cenderung tidak pernah mempercayai siapapun sebagai tambatan hati," psikolog klinis, Mansi Hassan, dikutip Times of India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar